Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

A. Pada hari kamis tanggal 23 Desember 2021 sekitar jam 14.30 wita, bertempat di kantor KPU kawasan perkantoran bukit halimun Kab. Banggai berlangsung giat Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode bulan desember 2021.

B. Adapun yang hadir sbb :

  1. Ketua KPU Kab. Banggai Zaidul Bahri Mokoagow
  2. Komisioner KPU Kab. Banggai :
  • Makmur Dg. Manesa
  • Alwin Palalo
  • Atriani
  • Supriadi Lawani
  1. Kasdim 1308LB Mayor inf. Ramli
  2. Kasat Intelkam Polres Banggai Iptu Agung Kastria Kesuma, S.E., M.I.Kom
  3. Kabid Dukcapil Kab. Banggai Bpk. Alim Bakhri, SE
  4. Anggota Bawaslu Kab. Banggai Lasadam lamadasu
  5. Peserta Rapat/Narahubung -+20 orang.

C. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

D. Penyampaian Ketua KPU Kab. Banggai Zaidul Bahri Mokoagow :

  1. Bahwa hari ini dilibatkan teman – teman narahubung dalam rapat koordinasi pemuktakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan suatu wadah sebagai utusan para camat se – kab. Banggai agar teman teman narahubung dapat membantu tugas KPU Kab. Banggai dalam rangka memberikan info apabila terdapat pemilih baru.
  2. Rakor hari ini membahas terkait pemilih yang ada di Kab. Banggai dan tentunya harus mendata kembali DPB yang kita tetapkan secara benar dan akurat serta dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Problema yang ada dalam DPT kita Yakni orang yang sudah meninggal dunia terkadang namanya masih ada di dalam DPT.

Penyampaian ibu atriani (Komisioner KPU) :

  1. Selain memberikan info data pemilih berkelanjutan, kami juga melakukan evaluasi terkait kegiatan kami yang untuk kemudian di tahun 2022 kami akan melakukan perbaikan segera mungkin agar dapat memaksimalkan info kepada masyarakat terkait data pemilih.
  2. Kami sudah mendapatkan data pemilih baru dengan jumlah -+600 orang dalam 23 kecamatan yang terbagi atas pemilih pemula dan pemilih pindah

Penyampaian Bpk. Makmur (Komisioner KPU) :

  1. Pertama data pemilih berkelanjutan sudah masuk di KPU Kab. Banggai, untuk bulan desember tentang pemilih meninggal dan pemilih pemula.
  2. Terkait data pemilih yang sudah meninggal dunia agar bisa diserahkan ke dukcapil untuk bisa dilakukan penghapusan ataupun penonaktifkan kependudukan.

Kasubag data KPU Kab. Banggai :

  1. Terdapat 1.000 siswa siswi yang sudah berumur 17 tahun terkait NKK nya tidak ada kami sudah buat rekapannya serta akan diberikan ke dukcapil maupun pihak sekolah yang sudah memberikan data juga pada kami.

Kabid dukcapil alim bakhri, SE :

  1. Terkait data kematian yang belum punya akta kematian, kamo sudah komunikasikan terkait hal itu, serta kaminakan membuat berita acara bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia dan dalam membuat berita acara tersebut wajib syaratnya mendapatkan surat keterangan dari kepala desa dan minimal harus ada 2 orang saksi yang kemudian ketika sudah keluar berita acaranya bisa kami nonaktifkan.
  2. Disini terdapat juga masyarakat yang tidak ikut perekaman e-ktp namun sudah punya NIK.
  3. Data pada bulan juli sampai dengan desember sudah ada sekitar 860 orang yang ikut perekaman E-Ktp yang baru berumur 17 tahun.

Anggota Bawaslu Kab. Banggai Bpk. Lasadam lamadasu :

  1. Kami hanya meminta data terkait DPB (Daftar Pemilih berkelanjutan) kepada Pihak KPU agar bisa sinkron

Kasdim 1308LB Mayor inf. Ramli

  1. Tahun ini harus bisa secepatnya divalidasi data tersebut agar tahum depan bisa selesai.
  2. Masalah terkait data kematian seharusnya dapat memaksimalkan kepala dusun, ataupun RT agar narahubung dapat bekerja dan koordinasi dengan baik serta saran kami narahubung di tingkat kecamatan bisa diperbanyak.

Kasat intelkam Polres Banggai Iptu Agung Kastria Kesuma, S.E., M.I.Kom

  1. Saran kami yakni agar oara narahubung dapat diberikan reward maupun punisment agar mereka dapat bekerja secara maksimal
  2. Terkait perbedaan data antara dukcapil dan KPU bahwa agar dapat memberikan masukan kepada Bupati agar mendorong pejabat desa untuk mendata masalah kependudukan.

Narahubung Kec. Kintom Fitrah Noho

  1. Mengenai data pemilih kami terkendala terhadap orang yang meninggl dunia serta dalam persyaratannya harus memiliki akta kematian sebagai pendukung berkas kami.
  2. Terkait format data agar kiranya kalau bisa format tersebut diselaraskan agar supaya tidak ada lagi perbedaan format.

E. Rekomendasi pihak KPU Kab. Banggai :

  1. Perlu peningkatan pertemuan antara KPU dan Dukcapil Kab. Banggai
  2. Perlu masyarakat untuk mendukung pemuktakhiran pemilih berkelanjutan.
  3. Perlu ada reward dan apresiasi baik dari pihak KPU agar dapat bermanfaat bagi narahubung.
  4. Sebelum akte kematian terbit, bisa diterbitkan berita acara kematian dan dilampirkan dengan surat ket. Kematian dari desa dan dibutuhkan 2 orang saksi agar dapat menonaktifkan data pemilih.
  5. Agar dapat memberikan berupa name tag terhadap narahubung agar bisa mempermudah mencari data pemilih.

F. Giat berakhir pukul 17.00 wita, situasi aman terkendali

III. Catatan :

Bahwa kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilaksanakan oleh KPU Kab. Banggai serta melibatkan stakeholder maupun narahubung guna menginput kembali daftar pemilih di Kab. Banggai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs Judi Online Tergacor 2022